Friday, March 30, 2012

Program mengkonversi mata uang


Dalam program ini menjelaskan cara meng-konversi beberapa mata uang…
ni program yang suka menghitung-hitung uang nih..

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class konversi{
public:
void konversi_rupiah();
void konversi_dolar();
void konversi_euro();
void cetak1();
void cetak2();
void cetak3();
float uang,rupiah,euro,dolar;
};
void main(){
int pil;
konversi x;
cout<<”masukan pilihan anda\n”
<<”\n1. untuk konversi rupiah”
<<”\n2. untuk konversi dolar”
<<”\n3. untuk konversi eouro\n”
<<”\nmasukan pilihan anda : “;
cin>>pil;

Program menghitung jumlah deret


berikut ini merupakan salah satu contoh program untuk menghitung jumlah deret..

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class deret{
friend ostream&operator<<(ostream&,deret&);
friend istream&operator>>(istream&,deret&);
public:
long hitung(int);
void cetak(int);
private:
int suku_n;
long hasil;
};

long deret::hitung(int n){
if(n==1)return 1;
else return n+hitung(n-1);
}

Kalkulator sederhana di android


Kali ini saya akan mencoba men-sharing sama teman-teman bagaimana cara membuat kalkulator sederhana di android. Pada kesempatan ini kita aka membuat kalkulator menggunakan radio button, dimana hanya ada satu operator saja yang berfungsi apabila tombol radio button dipilih. Langsung ajah deh.,,.,
1.      Buat project baru di eclipse, beri nama calcu.java
2.      Lalu buka file main.xml. Ketikkan script beriku pada file ini :<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<LinearLayout xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:orientation=”vertical”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
android:background = “@drawable/splash”>
3.      Kemudian buat file xml baru dengan nama hitung.xml. File ini berfungsi sebagai disain dari       program    kalkulator yang akan kita buat. Ketikkan script ini pada file hitung.xml :<?xml version=”1.0″ encoding=”utf-8″?>
<RelativeLayout
xmlns:android=”http://schemas.android.com/apk/res/android”
android:layout_width=”fill_parent”
android:layout_height=”fill_parent”
android:background = “@drawable/background”>
<TextView

Algoritma memisahkan Bil. integer yang kurang dari 1000 menjadi Komponen-komponennya


Algoritmanya Sebagai Berikut:

  1.  Masukan bilangan a sebanyak (3 digit)
  2.  x/100=x1 {jika (x) dibagi 100 maka hasilnya akan masuk di variabel (x1)}
  3.  x mod 100=y {jika (x) dibagi 100 menghasilkan sisa maka akan masuk ke variabel (y)}
  4.  y/10=y1 {jika (y) dibagi 10 maka hasilnya akan masuk di variabel (y1)}
  5.  z/1=z1 {jika (z) dibagi 1 maka hasilnya akan masuk di variabel  (z1)}
  6.  y mod 10=z {jika (y) dibagi 10 menghasilkan sisa maka akan masuk ke variabel (z)}

Penjabaran Dalam Bentuk Progran C++ Sebagai Berikut :

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
int main(){
int x, x1, y, y1, z, z1;

Algoritma dan Program Menghitung Luas Lingkaran dan Volume Bola


Algoritma:

 Deklarasi
   rl : integer
   rv : integer
   v  : float
   l  : float
 Deskripsi
   l=3.14*rl*rl
   v=(4*3.14*rv*rv*rv)/3
   then
   write(l)(v)
   end

Program Biasa:

#include <iostream>
#include <conio.h>

void main(){
int rl,rv;
float l,v;

Program Kalkulator Sederhana


Dibawah ini adalah program kalkulator sederhana yang mengunakan bahasa pemrograman c++. Dalam program dibawah terdapat bermacam operasi matematika yang dapat dilakukan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, sin, cos, mod dan lain lain. Untuk dapat menghasilkan berbagai operasi seperti di atas kita panggil library math.h, yang di dalamnnya terdapat banyak operasi yang dapat kita tambahkan. Berikut adalah source code nya.

Mencari Titik Tengah Sebuah Garis, Jika garis A(x1,y1) dan B(x2,y2)


Algoritmanya adalah :

     Inputkan nilai dari titik x1,y1 dan  x2,y2.
     Inputkan Rumus sebagai pengEksekusi dari nilai pada titik x1,y1 dan x2,y2.
    Outputnya, dari hasil pengEksekusi menggunakan Rumus tersebut.

Pendeklarasian Dalam Bentuk Program C++ Sebagai Berikut :

#include <iostream.h>
int main(){
float x1,x2,y1,y2,A,B;
cout<<"Menghitung titik tengah sebuah Garis"<<endl;
cout<<"Pada titik: "<<endl;
cout<<"A(x1,y1) dan B(x2,y2)"<<endl;
cout<<endl;
cout<<"Masukan Nilai Dari Sumbu x1: ";
cin>>x1;
cout<<"Masukan Nilai Dari Sumbu x2: ";
cin>>x2;
cout<<"Masukan Nilai Dari Sumbu y1: ";
cin>>y1;
cout<<"Masukan Nilai Dari Sumbu y2: ";
cin>>y2;

Program And Algorithm Bubble Sort


Algoritma :

Deklarasi:
i,j  = integer
data [ ]   = integer

Deskripsi:
for i <- 1 to n do
for j <- n to i do
if data[j]<data[j-1] then
tukar (j,j-1)
end if
end for
end for
end


Programnya :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int data[10],data2[10];
int n;
void tukar(int x,int b){
int z;
z=data[b];
data[b]=data[x];
data[x]=z;
}
void bubble(){
for(int i=1;i<=n;i++){
for(int j=n;j>=i;j--){
if(data[j]<data[j-1])
tukar(j,j-1);}
}
}

Program And Algorithm Selection Sort


Algoritma :

Deklarasi
i,j           : integer
pos        : integer
data[ ]    : integer

Deskripsi
for i <- 1 to n-1 do
pos <- i
for j <- i+1 to n do
if (data[ j ] < data[pos]) then
pos <- i
end if
end for
if (pos != i) then
tukar (pos,i)
end if
end for
end
          
Program :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int data[10],data2[10];
int n;
void tukar(int x, int y){
int z;
z=data[y];
data[y]=data[x];
data[x]=z;}
void selection(){
int pos,i,j;
for(i=1;i<=n-1;i++){
pos=i;
for(j = i+1;j<=n;j++){
if(data[j] < data[pos]) pos = j;
}
if(pos != i) tukar(pos,i);
}
}

Program And Algorithm Insertion Sort


Algoritma :

Deklarasi
i,j          : integer
temp     : integer
data[]    : integer

Deskripsi
for i <- 1 to n do
temp <- data[i]
j <- i-1
while (data[ j ]>temp dan j>=0 )
data[j+1] <- data[ j ]
data[j+1] <- temp
end while
end for
end

Program :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

int data[10],data2[10];
int n;
void tukar(int x, int y){
int z;
z=data[y];
data[y]=data[x];
data[x]=z;}
void insertion(){
int temp,i,j;
for(i=1;i<=n;i++){
temp = data[i];
j = i -1;
while(data[j]>temp && j>=0){
data[j+1] = data[j];

Recursive Iterative Programs


Algoritma:

Declaration:
x, i    : integer
Descripyion:
Rekursif
read x
if (x >= 1) then
rekursif (x - 1)
write x
end if
end

Iteratif
read x
for i <- 1 to x do
write i
end for
end

Program:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
int iteratif(int x){
for(int i=1; i<=x; i++){
cout<<i;
}}
int rekursif(int x){
if(x>=1){
rekursif(x-1);
cout<<x;
}
}

Program Simulasi Pembelian BBM


Program:

#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
class SPBU{
friend ostream& operator<<(ostream&, const SPBU&);
friend istream& operator<<(istream&, SPBU&);
public:
void pilihan_liter();
void pilihan_uang();
void solar();
void premium();
void pertamax();
private:

Program menentukan Tahun Kabisat


Algoritma:

Deklarasi:
t : integer

Deskripsi
if(t mod 4 =0)
then
write(kabisat)
else
write(bukan kabisat)
end if
end

Programnya:

#include <iostream.h>
#include <string.h>
#include <conio.h>
class Kabisat{
private:
int l;
char tahun[4];
public:

Menghitung Luas Segitiga


Deklarasi

a :real {Panjang alas segitiga, dalam satuan cm}
t :real {tinggi segitiga,dalam satuan c,}
L :real {Luas segitiga,dalam satuan cm2}

Deklarasi
read (a)
read(t)
L <– (a*t)/2
write (L)

Menentukan Nilai Maksimum dari tiga buah inputan bilangan


Algoritma

Membaca tiga buah bilangan bulat,menentukan tiga buah bilangan terbesar diantara tiga buah bilangan tersebut kemudian di tampilkan

Deklarasi
x,y,z :integer

Program Class Menggunakan Fungsi Jika (if)


Programnya:

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class Nilai {
friend ostream& operator<<(ostream&, Nilai&);
friend istream& operator>>(istream&, Nilai&);
public:
Nilai() {};

Algoritma dan Pemograman Menentukan Bilangan Terbesar Dan Terkecil.


Program:

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class Banding {
friend istream& operator>>(istream&, Banding&);
friend ostream& operator<<(istream&, Banding&);
public:
Banding() {};
void bandingkan() {
if (A > B)

Algoritma dan Program Menentukan KPK


Algoritma:
 
Deklarasi:
x     : integer
y     : integer
hasil : integer
Deskripsi:
read x
read y
hasil=0
for (int i=1;i<=y;i++)
hasil=hasil+x
if (hasil mod y = 0)
write hasil
return
end 

Program Menentukan simpul graff

Program:

#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main(){
int banyak;
int sisi=0;
char A[10];
cout<<"Inputkan Banyak Simpul: ";
 cin>>banyak;
for (int i=0; i<banyak; i++){
cout<<"Inputkan simpul ke: "<<i+1<<" : ";
 cin>>A[i];
}

Algoritma dan Program Mencari Nilai FPB


Algoritma :

Deklarasi
x, y, r    : integer
Deskripsi
read x
read y
r <- x mod y
while (r <- not 0) then
x <- y
y <- r
r <- x mod y
end while
write y

Program :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

Program dasar C++ Mencari Nilai Pemfaktoran dari Nilai n

Program:
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class faktorial{
public:
      void masukan();
      void hasil();
private:
int x;
};

Wednesday, March 14, 2012

Cara Membuat Jaringan Wireless/Nirkabel Tanpa Router ( Windows XP )


Cara Membuat jaringan wireless/nirkabel tanpa router

Jaringan nirkabel sangat membantu karena jaringan wireless ini membantu Anda menggunakan komputer dan terhubung ke Internet di manapun, di rumah Anda atau di kantor. Namun, kebanyakan jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel, yang lumayan mahal. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, Anda dapat mengkonfigurasi jaringan nirkabel tanpa membeli router nirkabel dan dapatlah kita sedikit menghemat biaya.

Dalam sebuah jaringan nirkabel tradisional, sebuah router nirkabel bertindak sebagai base station, mirip dengan stasiun pangkalan untuk telepon tanpa kabel.  Semua komunikasi nirkabel melalui router nirkabel, yang memungkinkan komputer terdekat untuk terhubung ke Internet atau terhubung satu sama lain. jadi dalam hal ini, sebuah komputer dengan wireless cardnya di sulap manjadi router, istilahnya jadi pemancar seperti layaknya router biasa.

Jaringan Komputer


Jaringan komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah Agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Saturday, March 10, 2012

Bagaimana sistem operasi (SO) mengendalikan proses sistem aplikasi


Sistem Operasi

Sistem operasi atau operating system ( OS ) adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan multimedia. Dengan kata lain sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software tersebut. Layanan inti umum yang di maksud seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Sistem operasi terbagi menjadi 3 kelompok besar:

Tuesday, March 6, 2012

Sejarah Sistem Operasi (SO)



JENIS- JENIS SISTEM OPERASI

I.          DOS
Sistem Operasi DOS adalah DOS (Disk Operating System ) merupakan salah satu software yang termasuk dalam golongan system operasi. Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk
            Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk  Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086).